SIKADU UNNES: Sistem Informasi Akademik Terpadu

SIKADU UNNES: Sistem Informasi Akademik Terpadu. SIKADU UNNES (Universitas Negeri Semarang) atau lebih dikenal dengan sebutan SIKADU. SIKADU UNNES adalah sebuah sistem informasi akademik dengan berbasis web yang dibuat dan dibangung untuk tujuan dalam pengorganisasi data akademik pada Universitas Negeri Semarang secara online.

Dalam SIKADU UNNES dalam standar pengorganisasian data UNNES yang dimaksud adalah pengelolaan sistem registrasi mahasiswa, sistem penjadwalan perkuliahan untuk para mahasiswa UNNES, pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS) UNNES, monitoring perkuliahan pada Universitas Negeri Semarang, pengorganisasian nilai mahasiswa UNNES, dan juga untuk pendaftaran wisuda UNNES. SIKADU Uiversitas Negeri Semarang (UNNES) dapat diakses secara online pada alamat: (alamat website SIKADU ONLINE UNNES http://akademik.unnes.ac.id).

SIKADU UNNES dibuat atas dasar sistem informasi pengelolaan semester pendek pada Jurusan Fisika  Universitas Negeri Semarang pada tahun 2004. Pada tahun 2005 sistem ini diadopsi menjadi sistem informasi akademik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang. Setelah didesain ulang oleh tim khusus dari Jurusan Fisika dan dengan dukungan dari universitas sistem informasi akademik FMIPA mulai diujicobakan sebagai sistem informasi akademik UNNES pada Semester Genap tahun 2005/2006.

Pada awal mulanya SIKADU cuma dipakai untuk fasilitas administrasi akademik berupa pengelolaan nilai mahasiswa dan yudisium secara online, serta fasilitas pendaftaran wisuda yang mulai dipakai sejak pendaftaran wisuda periode II tahun 2006. Namun seiring dengan perkembangannya, mulai Semester Genap tahun 2006/2007, Sikadu mulai dikembangkan untuk sistem penjadwalan secara terpadu dan layanan registrasi administrasif-akademik mahasiswa tingkat sarjana dan diploma.

SIKADU Universitas Negeri Semarang ini melengkapi 2 sistem informasi akademik yang terdapat pada kampus UNNES Semarang yaitu sistem informasi pendaftaran mahasiswa baru (alamat website pendaftaran mahasiswa baru UNNES http://spmu.unnes.ac.id), dan sistem informasi kepegawaian (SIMPeg) yang bisa diakses melalui (alamat website sistem informasi kepegawaian SIMPeg UNNES http://simpeg.unnes.ac.id).

Beberapa fasilitas-fasilitas yang ada pada Sistem Informasi Akademik Terpadu Universitas Negeri Semarang di dalam website SIKADU UNNES antara lain: informasi registrasi mahasiswa baru UNNES, informasi biodata mahasiswa UNNES, jadwal kuliah mahasiswa UNNES, informasi kemajuan hasil belajar mahasiswa UNNES, rekapitulasi dan histori nilai akademik mahasiswa UNNES, tugas mengajar dosen kampus UNNES Semarang, serta statistik data lain yang ada ada pengorganisasian kampus UNNES Semarang.

Selain itu SIKADU UNNES Semarang juga mempunyai fasilitas cetak (print out) untuk keperluan administrasi akademik Universitas Negeri Semarang yang dapat dipakai oleh seluruh operator baik dari tingkat universitas sampai program studi. Beberapa informasi juga disediakan bagi member pejabat yang dapat dipakai sebagai kontrol terhadap berbagai proses akademik pada semester berjalan, serta sebagai bahan pengambil keputusan atau kebijakan strategis yang diperlukan.

Dengan adanya SIKADU UNNES ini, diharapkan proses administrasi akademik pada kampus UNNES Semarang dapat berjalan lebih efektif dan efisien bila dibandingkan dengan sistem akademik lama yang berjalan secara stand alone dan melalui jaringan komputer terbatas di tingkat universitas yang sudah dipakai sejak tahun 80-an.

Melalui SIKADU UNNES Semarang akses informasi akademik bagi pihak pengguna yang ada di lingkungan kampus Universitas Negeri Semarang, baik itu mahasiswa UNNES, dosen UNNES, pejabat-pejabat yang bterkait pada kampus UNNES, maupun pihak lain yang berkepentingan, dapat terlayani dengan cepat, tepat, dan akurat. Itulah informasi detail tentang SIKADU UNNES: Sistem Informasi Akademik Terpadu


Follow Akun Twitter @CewekMalang
Atau Masukan Alamat Email Kamu Disini:

Blog, Updated at: 20.31

0 Komentar Pembaca:

Poskan Komentar

Posting Terbaru